PENTINGNYA AIR PUTIH

Sejuta manfaat air putih 


mungin para pembaca banyak yang mengabaikan konsumsi air putih sehari-hari.
nah disini saya akan mengulas bagaimana penting dan manfaat dari air putih
air sangat penting untuk kesehatan,dan tiap orang membutuhkan air dalam jumlah yang berbeda. pertanyaannya berapa banyak air yang sebaiknya kamu minum tiao hari? sebuah pertnyaan mudah dengan jawaban yang sulit. sebenarnya, kebutuhan air tiap orang sangat berbeda bergantung dari  dari banyak  faktor, termakusd kesehatan, seberapa katif, dan dimna kamu tinggal.
1. Manfaat air bagi kehidupan
Air merupakan komponen utama dari tubuh manusia, rata-rata tiap orang memiliki 60% air dari berat badan tubuhnya. semua sistem didalam tubuh oleh air. sebagai contoh, air akan membilas racun dari organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga , hidung dan tenggerokan.
kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi ringan sampai berat, yaitu keadaan yang timbul karena tubuh kekekurangan air sehingga tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.
2. Berapa banyak air yang dibutuhkan oleh tubuh kita???
setiap saat tubuh kamu pasti akan kehilangan air melalui pernafsan, keringat, urine, dan pergerakan usus. nah agar tubuh selalu mendapatkan air atau keadaan air dalam tubuh agar tetap balance maka kita harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung air. supaya air dalam tubuh bisa terpenuhi

3.kebutuhan air rata-rata pada orang dewasa
rata-rata keluaran urine pada orang dewasa 1,5 L setiap hari. air juga dapat keluar melalui pernafsan, keringat dan lain-lin sebagainya . makanan biasanya menyumbang air sebanyak 20%  dari jumlah total yang di perlukan oleh tutub manusia. jadi, jika meminum 2 Liter air setiap hari atau meminum minuman lainya dalam sehari ( kurang lebih 8 gelas/hari) cairan yang hilang akan tergantikan.
rekomendasi harian untuk konsumsi air yaitu 3 liter (13 gelas/hari) dari total minuman dalam sehari.
cara lain untuk mengetahui bahwa kamu telah minum dalam jumlah yang cukup aalah jika kamu jarang merasa haus dan meproduksi satu hingga dua liter urine yang tidak berwarna (agak kuning)
4.faktor-faktor yang memperngaruhi kebutuhan air
kebutuhan air yang diperlukan seseorang kadang berbeda tergantung dari aktivitas seseorang.
faktor yang biasanya yang menpengaruhi antara lain:
a. olahraga
semakin banyak berolahraga, maka akan semakin banyak air yang di butuhkan oleh tubuh. tamabahan  1-2 gelas air, biasanya cukup untuk olahraga yang singkat. jika olahraga yang lama, perluh membituhkan tambah air yang lebih banyak untuk menutupi atau mengganti jumlah air yang hilang dalam tubuh kita.dengan demikian cairan dalam tubuh bisa terpenuhi.
b. lingkungan udara/ cuaca
lingkungan panas atau lembab sangat mempengaruhi pengeluaran cairan dalam tubuh. misalnya pada saat cuaca panas cairan tubuh akan mudah hilang dikarenakan terjadi vasodilatasi atau pelepasan cairan.

c. keadaan dan kesehatan
penyakit seperti demam , muntah dan diare dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan tubuh. jika hal itu terjadi terus menerus maka seseorang akan mengalami dehidrasi ringan sampai berat jadi hal tersebut haruis ditangani secaracepat dengan pemberian cairan sesuai dengan kebutuhan atau jumlkah cairan yang hilang
d. wanita hamil dan menyusui
wanita yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan intake cairan yang lebih dari pada orang pada biasanya dikarenakan sejumlah caiaran hilang pada saat menyusui. institute of medicine merekomendasikan pada wanita hamil untuk minum 2,4 liter / hari (10 gelas) air. adapun jika sedang menyusui disarankan untuk minum 3 liter air (12,5 gelas) setiap harinya.

5.dehidrasi dan komplikasinya
kuarangnya asupan cairan dalam tubuh kita bisa mnyebabkan dehidrasi ringan sampai berat nah sebelum kita jauh bahas tentang dehidrasi kita harus perkuh tau apa sih itu dehidrasi ?
DEHIDRASI adalah suatu keadaan tubuh kehilangan sejumlah cairan secara berlebihan dalam tubuh sehingga menyebabkan rasa haus berlebihan, pusing dan masih banyak komplikasi yang bisa ditimbulkan.
nah penyebab umum yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah aktivitas yang berlebihan , kerngat berlebihan, muntah dan diare.
tanda dan gela dari dehidrasi antara lain:
a. rasa haus berlebihan
b. lelah
c. sakit kepala
d. mulut kering
e. lemah otot
f. pusing
untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh telah terpenuhi, maka perlu di pertimbangkan langkah berikut:
a. minum segelas air saat makan dan antara waktu makan
b. minum sebelum, selama dan setelah olahraga
c. jika kamu minum air dari botol, pastikan bahwa botol selalu bersih dan ganti botol lebih sering.           gunkan botol yang memang dibuat untuk digukan berulang- ulang
d. buatlah kebiasaan minum air putih pada saat beristirahat. ketika bekerja di depan komputer,                 setelah 20 menit, istirahatkan mata dari layar komputer dan sempatkan untuk minum air
e. selalu memuklai acara dengan semangku sup
f. jangan lupa, bawa sebotol air mineral di dalam mobil atau dalam tas jika anda berpergian naik            kendaraan.
g. pilih sayuran yang banyak mengandung air seperti brokoli, wortel, apel, kentang, dan yoghurt            yang dapat mengganti kadar cairan dalam tubuh yang hilang
h. jangan lupa setelah makan banyak konsumsi air minum supoaya pencernaan menjadi lancar dan         yang paling penting cairan dalam tubuh terpenuhi.
mesti tidak mungkin, sangat mungkin untuk minum terlalu banyak air. jika ginjal tidak mampu mengeksresikan kelebihan air, mineral dalam darah menjadi terencerkan. nantinya akan menghasilkan kondisi yang disebut hiponatremia ( rendahnya kadar natrium dalam darah ). 

nah itu lah tadi penjelasan pentingnya kita jaga kebutuhan air dalam tubuh kita karena tubuh sangat membutuhkan cairan,mudah-mudahan ini bisa bermanfaat.

Komentar