Tips cara mudah Menurunkan dan Menjaga Kadar Kolestrol Dalam Darah

Tips cara menurunkan kadar kolestrol dalam darah
dalam pembahasan ini saya akan memberikan tips cara menurunkan dan menjaga kadar kolestrol dalam darah agar tetap normal.
nah sebeluh kita tau cara menurunkan dan menjaga kadar kolestrol dalam darah kita perlu tau apa sih itu kolesterol?
kolestrol adalah metabolik yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupai.
jumlah normal kolestrol dalam darah yaitu kurang dari 200 mh/dl. ukuran kadar kolestrol normal didalam tubuh ini adalah takaran kadar kolestrol yang normal, artinya adalah jumlah dari kadar kolestrol LDL,HDL, serta Trigliserida di dalamnya masih kurang dari angka 200 mg/dl.
hal-hal yang sering muncul pada saat kondisi kolestrol diatas angka normal maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh terhambat. dengan kata lain kolestrol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah dibagian-bagian tubuh tertentu, stroke ringan, dan serangan jantung.Dan juga kadar kolesrtol yang tinggi juga dapat menyembabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan.
dari beberapa efek yang disebabkan oleh tinggiya kadar kolestrol pasti para pembaca tidak ingin mengalami hal serupa
nah ini beberapa tips menurunkan dan menjaga kadar kolestrol agar tetap dalam keadaan normal.
1. pilih makanan yang sehat
  pemilihan makanan yang sehat sangat mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang, karena asal           muasal penyebab utama naiknya kadar kolestrol berasal dari makanan yang kita makan. jadi kita harus selektif dalam memilih dan menentukan makanan yang kita akan makan. berikut makanan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolestrol
 a.buah dan sayur-sayuran
    buah dan sayur-sayuran tinggi akan serat makanan, yang berperan    dalam memperlancar proses       pencernaan. serat dalam sistem pencernaan    dapat mengikat kadar kolestrol sehingga kadar              kolestrol darah darah    menurun. 

 b.Biji-bijian. 
   Berbagai nutrisi yang terkandung dalam biji-bijian bisa menjaga        kesehatan jantung. Contoh makanan yang baik dikonsumsi di antaranya    roti gandum, pasta gandum, tepung gandum dan beras merah. 
 c.Makanan kaya omega-3. 
   Asam lemak Omega-3 dapat membantu menurunkan LDL (Kolesterol       Jahat). Beberapa jenis ikan – seperti salmon, mackerel dan herring    – merupakan contoh sumber makanan yang kaya akan asam lemak    omega
 d.Lemak yang sehat. 
   Lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging merah dan produk susu,       meningkatkan kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL)       kolesterol jahat. Oleh karena itu kurangi makanan tersebut,       sehingga tidak sampai 7 persen dari total kalori harian. Kemudian      beralihlah ke sumber lemak yang lebih sehat dengan cara pilih susu     rendah lemak dan makanan mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti    pada minyak zaitun, kacang dan minyak canola. Hindari lemak trans.     Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng dan pada    banyak produk panggang komersial, seperti cookies, kerupuk, kue        ringan.

2. Turunkan Berat Badan
   langkah ini merupakan langkah awal untuk menurunkan kadar kolestrol    Hal ini penting karena menurukan berat badan sebanyak 5 sampai 10    persen dapat membantu menurunkan kolesterol secara signifikan.
   Namun, memang menurunkan berat badan tak semudah yang kita    pikirkan.tapi Banyak hambatan dan rintangan sehingga butuh       perjuangan . menurunkan  berat badan butuh kerja yang ekstra dan    konsisten 
3. olahraga
   berolahraga juga tetap penting sebagai salah satu cara menurunkan    kadar kolestrol dalam darah. Dan untungnya lagi, olah raga sedang    dapat membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau    kolesterol baik. Lakukan oleh raga setidaknya 30 menit setiap hari.    Hal ini juga akan membantu Anda menurunkan berat badan yang juga    berperang siginifikan dalam menurunkan kolesterol tinggi. 
   Jenis    olah raga yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan    kolesterol    jahat antara lain: 
   a. jogging      
   b.Bersepeda 
   c.Berenang 
   d.Atau olah raga lainnya sesuai kesukaan dan kemampuan anda

semoga tips ini bisa membantu anda dalam menurunkan dan menjaga kadar kolestrol dalam darah
selamat mencoba!!!!!!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENTINGNYA AIR PUTIH